Monday, March 11, 2013

0

Tanggug jawab hidup baru

Tanggung Jawab Hidup Baru

      Tangung Jawab adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya (kalau terjadi apa-apa boleh dituntut, dipersalahakan, diperkarakan dan lain-lain). Atau sikap menerima tugas dengan segala konsekuensinya, kemudian melakukannya dengan setia.
Tanggung jawab sebagai manusia yang memiliki Hidup baru. Ada 2 kata Yunani yang digunakan untuk kata “baru” didalam Perjanjian Baru, yaitu neos dan kainos.
      Kata Neos adalah baru dalam kaitannya dengan waktu. Benda yang disebut baru jika belum pernah digunakan atau dimiliki atau baru saja selesai di buat. Misalnya rumah baru, pejabat baru, pekerjaan baru, penduduk baru dll.
     Kata Kainos adalah baru dalam hal sifat dan kualitas. Pribadi yang disebut baru jika kualitasnya di tingkatkan atau diganti kualitasnya menjadi lebih baik sebelumnya. Misalnya Pencuri yang bertobat atau pendendam yang bertobat mengampuni musuhnya juga disebut manusia baru.
Besar kecilnya tanggung jawab tidak ditentukan oleh bobot dari tugas yang dikerjakan . Dasarnya adalah lebih pada tingkat kemampuan yang melaksanakannya. Didalam perumpamaan tentang talenta (Mat. 25 : 14 – 30), Tuhan Yesus dengan tegas menandaskan bahwa besar kecilnya tanggung jawab  itu didasarkan pada tingkat kemampuan (ayat 15).
Dengan demikian sebagai ciptaan baru Allah menginginkan kita melakukan tanggung jawab dengan kualitas yang yang lebih baik dari sebelumnya sebelum kita mengenal Tuhan.


                                                                                                   Sumber: Cermin Remaja Grade 9

0 comments:

Post a Comment