Tuesday, February 19, 2013

0

Pahlawan Iman



PAHLAWAN  IMAN

Ada ungkapan yang sering kita dengar yang berbunyi, “memang lidah tak bertulang”. Ungkapan ini hendak menjelaskan bahwa memang kkita gampang mengatakan sesuatu, tetapi sangat sulit menepatinya dalam tindakan. Dalam mengikut Yesus kita juga sering begitu gampang mengatakan, “ siaya mau ikut Yesus untuk slama-lamanya”, atau “Aku adalah saksi Kristus”, sebagaimana sering terdengar dalam lirik-lirik lagu rohani. Tetapi dalam kenyataannya adalah siulit bagi kita mewujudkan pernyataan ini, tidak segampang ketika kita mengucapkannya.

Pahlawan iman adalah mereka yang mampu berjuang dan bertahan dalam menyatakan imannya di tengah-tengah berbagai tantangan. Ada beberapa tokoh dalam Alkitab yang menjadi teladan dalam hidup beriman seperti, Abraham, janda dari Sarfat, perempuan Kanaan, dan perwira di Kapernaum. Dalam mewujudkan imannya mereka percayah, pasrah, dan bergantung sepenuhnya kepada kehendak Tuhan dengan melakukan apa yang diperintahkan Tuhan kepada mereka.

Sikap lain yang dimiliki para tokoh pahlawan iman adalah selalu membangun sikap optimis, mengalah untuk menang, memperjuangkan kebenaran, kejujuran, keadilan, dan bagaimana menghadapi tantangan dalam mengikut Yesus. Kita juga sudah dibimbing untuk memahami penderitaan Yesus dan bagaimana seharusnya kita bersikap mengahadapi penderitaan serta belajar dari pengalaman orang yang bersikap kritis terhadap penderitaan.

Sebagai anak-anak Tuhan kita harus menjadi anak yang dengar-dengaran agar kita dapat menjadi salah satu pahlawan iman yang taat kepada Tuhan, dan mau mengikuti semua yang Tuhan kehendaki dan yang dipercayakan kepada kita, dan kita dapat melakukannya dengan baik seturut dengan kehendak Tuhan.
  

                                                                                     Sumber: Cermin Remaja 2 kelas VIII

0 comments:

Post a Comment